Ilustrasi
Daftar kesalahan dalam melukis dan cara penanganannya ini datang dari seniman Kanada, Brian Simons, yang melukis menggunakan cat akrilik. Brian mengatakan “Saya mulai melukis sekitar 20 tahun yang lalu, ketika saya pindah dari Alberta ke Pulau Vancouver. Dari workshop regular di mana saya mengajar, saya telah melihat bagaimana para pemula mengulang kesalahan yang sama berulang-ulang. Harapan saya, dengan adanya daftar kesalahan ini dapat membantu anda untuk tidak membuat kesalahan yang sama ketika melukis.”
1. Memakai kuas yang sama berulang-ulang pada saat demo, hal ini akan menyebabkan penikmat penonton menjadi bosan. Oleh karena itu, gunakanlah kuas yang bervariasi.
2. Memakai kuas yang kasar dan kering, hal ini akan menyebabkan lukisan terlihat murahan.
3. Mengetuk-ngetuk dan mengguncang kanvas: melukis bukan bermain.
4. Hanya berkonsentrasi pada satu bagian kanvas, semantara mengacuhkan bagian lain. Seluruh bagian kanvas harus diperhatikan.
5. Mencampurkan cat pada kanvas. Selesaikan pencampuran warna di palet.
6. Tidak mempelajari subjek lukisan sebelum melukis. Jika anda tidak tahu subjek yang anda lukis, bagaimana anda akan melukisnya?
7. Menggunakan terlalu banyak warna. Gunakan tiga atau empat warna bersama dengan warna putih. Mari lihat berapa variasi yang akan anda dapat.
8. Menambahkan terlalu banyak detail. Ini akan menurunkan kualitas karya anda.
9. Melukis sesuatu yang tidak kita ketahui dan lihat. Ingat daftar kesalahan nomor 6.
10. Mencuri sedikit waktu saat melukis untuk beristirahat, memungkinkan anda untuk memenangkan diri, tetapi kemungkinan membuat anda kehilangan inspirasi awal lukisan anda.
11. Mendengarkan orang lain saat melukis. Alangkah lebih baik melukislah sendirian semaksimal mungkin dan hindari opini dari orang lain hingga anda memperoleh inspirasi sendiri.
12. Menggunakan terlalu sedikit cat.. Pakailah sebanyak mungkin, walaupun akhirnya anda harus membuang jika tersisa.
13.Mengganti kuas ke ukuran yang lebih kecil. Pakailah kuas yang lebih besar selama mungkin
14. Memakai terlalu banyak warna putih. Ini akan membuat seperti lukisan kapur dan dingin.
15. Menambahkan bagian-bagian kecil dan potongan-potongan pada komposisi anda. Tetaplah melukis pada komposisi yang lebih besar.
16. Memakai cat terlalu berhati-hati dan perlahan-lahan karena anda tidak mau terlalu boros memakainya. Hal ini justru akan membuat anda terlalu boros.
17. Mengosok-gosok cat anda.
18. Membetulkan setiap terjadi kesalahan. Lukisan adalah lukisan yang pada saat pembuatannya banyak kecelakaan dan kesalahan karena akan membuatnya lebih artistik.
19. Terlalu banyak berfikir ketika melukis. Melukis adalah mengerjakan dan merasakan, bukan memikirkannya.
20. Kehilangan “bentuk besar” dan nilai lukisan. Ingatlah kesalahan nomor enam.
21. Berusaha membuat lukisan seperti oranglain atau seperti lukisan lain yang anda lihat. Jadilah diri sendiri dan jujur. Anda tidak akan bisa menyembunyikan apapun dalam lukisan.
22. Terlalu kuatir pada hasil. Percayalah pada insting dan diri anda sendiri.